03 Oktober 2008

Membuat Susu Kedelai

Susu, selain berasal dari hewan, juga berasal dari tanaman. Salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi susu adalah kedelai. Susu kedelai juga mempunyai rasa yang khas, enak, dan berkhasiat.
Untuk membuat susu kedelai, dibutuhkan bahan-bahan antara lain kedelai, kapur sirih, gula pasir, kalsium karbonat, soda api (natrium bikarbonat), esens, garam, dan air bersih.
Alat-alat yang digunaka antara lain panic/baskom, gilingan, botol, kompor, dan saringan.
Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:
1.Cuci kedelai dengan air hingga bersih.
2.Masukan kedelai yang telah bersih ke dalam panci berisi air dingin dan kapur sirih, kemudian rendam selama satu malam.
3.Keesokan harinya, rebus kedelai selama kurang lebih 15 menit hingga suhu mencapai 70° C. tambahkan natrium bikarbonat (soda api) sebanyak 0,5 gram untuk setiap 250 gram kedelai yang di rebus.
4.Angkat dari perebusan, lalu dinginkan. Kenudian, kupas kulit kedelai dari kulit arinya dengan cara di gosok-gosokkan.
5.Kedelai dicuci agar benar-benar bersih dari kulitnya.
6.Giling kedelai dengan menambahkan air.
7.Kedelai yang telah hancur ditampung dalam panel. Kemudian masaklah hingga mendidih. Tambahkan 1 gram kalsium karbonat, lalu biarkan selama 15 menit.
8.Saring kedelai dengan saringan yang terbuat dari kain halus dan bersih.
9.Hasil penyaringan ini adalah susu kedelai. Tambahkan gula pasir, garam, dan esens secukupnya untuk menambahkan rasa. Susu kedelai siap dikemas untuk dipasarkan atau diminum langsung.

...multibidang kelas 5 sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar atau pendapat anda, gunakan anonymous jika anda belum mempunyai account