28 Mei 2009

Lele Penyet atau Pecel Lele

Apapun itu namanya mau pecel lele atau tempe penyet yg pasti ku juga suka makan ini makanan, tapi sayangnya di tempatku jarang yg jual malah gak ada kalaupun ada agak jauh dri rmh jd males kalo harus ke sana wong jaraknya sktr 30km an, maklumlah hidup di desa jadi minim fasilitas


Kebetulan lele di samping rumah sudah agak besar tadi gue surug adix buat pancingin mumpung bapane karyo biyunge gak ada.. "Kang kur olih loro tok keprimen kiye" itu adiku dh teriak teriak. "Ya wis loro baen ya ora papa"


Enaknya si ini lele gue bakar tapi males harus cari arang dan nyiapin alat2 lainnya, mendingan goreng aja, lagian juga cuma dua buat q ma adx, lumayan besar lah ini lele.


Dek langsung cuci biar gue siapin bumbu ada ketumbar sedikit aja ato sekitar 1/2 sdm, bawang putih 2 siung juga cukup, kunyit kemiri dan garam secukupnya, bumbu di haluskan. Siapin juga sambalnya, buat sendiri juga bisa siapin tu tomat, kemiri, cabai merah, bawang putih, gula merah dan garam jangan di ulek dulu sambalnya.


Ok sekarang kita goreng lelenya, siapin dulu wajan sama minyaknya biar panas, lele diaduk sama bumbunya, ingat sama bumbunya jangan sama sambalnya bisa bedakan tow :-) Setelah bumbu meresap langsung di goreng di minyak yg sudah panas tunggu sampai masak atau kecoklatan. Bila sudah silahkan sisihkan dan biarkan minyaknya ilang.


Sekarang goreng bahan sambal kecuali gula dan garem, jika sudah masak baru di ulek semua bahan sambal ini, rasa pedas dan manis bisa diatur sendiri lah.


Ok sekarang bisa di sajikan tu lele penyetnya bisa di tambah dg mentimun, kemangi dll, pakai nasi biar afdol..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar atau pendapat anda, gunakan anonymous jika anda belum mempunyai account